Berita

Info

Gubernur DIY Temui Panitia Yogyakarta Gamelan Festival

Posting: 27-06-2018 04:30

Yogyakarta (30/05/2018) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan panitia dari Yogyakarta Gamelan Festival di Gedhong Wilis Komplek Kepatihan pada Rabu (30/05). Kunjungan ini berlangsung untuk berdiskusi seberapa penting memakai Budaya Jawa khususnya Gamelan.



Dalam pertemuan tersebut, panitia menyampaikan acara Yogyakarta Gamelan Festival akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juli – 15 Juli 2018. Yogyakarta Gamelan Festival merupakan Festival Internasional dan mempunyai koneksi di 34 negara yang mengaku secara aktif sudah memainkan gamelan.



Sri Sultan sendiri menceritakan bagaimana gamelan berkembang. Seperti di London, gamelan digunakan sebagai alat terapi di penjara. Dengan adanya Yogyakarta Gamelan Festival, Sri Sultan Hamengku Buwono X memaparkan harapannya untuk Komunitas Gamelan dan Acara Yogyakarta Gamelan Festival dapat mengkaji dan merencanakan untuk 2-3 tahun ke depan bagaimana gamelan itu dapat dipresentasikan.



“Kami diminta untuk berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan untuk melaksanakan Pagelaran Gamelan yang besar dan juga kelompok-kelompok internasional dan agar bisa dilaksanakan 2-3 tahun kedepan. Nanti kami akan berkomunikasi dengan Dinas Kebudayaan,” imbuh Ketua Perkumpulan Komunitas Gamelan Yogyakarta Ari Wulu.



Yogyakarta Gamelan Festival sampai saat ini sudah berlangsung selama 23 kali. Pada tahun ini, Yogyakarta Gamelan Festival akan berpusat di PKKH UGM. Dalam pertemuan ini turut hadir Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH., M.Ed., dan Sekretaris Yogyakarta Gamelan Festival. (Af)



HUMAS DIY